Jokowi Ingkar Janji Soal Anggaran Proyek IKN, Nicho Silalahi: Apakah Pembohong Seperti Ini Masih Layak Memimpin?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pembahasan mengenai pemindahan Ibu Kota Negara memang mendapat perhatian lebih. Sebagaimana diketahui, Ibu Kota Negara Baru akan diberikan nama “Nusantara” dengan lokasi di pulau Kalimantan.

Tidak sedikit pihak yang masih mempertanyakan mengenai salah satu di antara langkah besar yang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ambil di 2 priode masa kepemimpinanya ini.

Mulai dari aspek sosial, lingkungan dan tentu yang menjadi persoalan yakni pembiayaan yang mana proyek super besar ini jelas akan memakan banyak anggaran.

Mengenai pembiayaan atau anggaran ini, ungkapan atau bisa disebut “janji” Jokowi di masa lalu mulai dipertanyakan.

Mengutip Kompas.com, Minggu (23/1/22), mayoritas dana untuk membangun IKN Nunsantara berasal dari uang APBN. Ini dianggap bertentangan karena Jokowi sebelumnya pernah menyebut bahwa tidak membebankan APBN dalam pembangunan IKN.

“Artinya anggaran, kita siap menjalankan keputusan ini, tetapi saya sampaikan ke Menkeu (Sri Mulyani) tidak membebankan APBN, cari skema agar APBN tidak terbebani,” kata Jokowi di Istana Negara pada Mei 2019, sebagaimana dikutip dari Kompas.

Janji Jokowi yang “diralat” ini mengundang banyak reaksi publik khususnya di media sosial, salah satu yang “berteriak” cukup lantang adalah Nicho Silalahi, Aktivis dan Pegiat Media sosial.

Menurut Nicho dalam cuitannya, Jokowi yang dalam narasinya dibahasakan sebagai pihak istana adalah sarang Hoax mengenai bedanya ucapan Jokowi di masa lalu dan saat ini mengenai pembiayaan pembangunan Ibu Kota Negara.

  • Bagikan