Jokowi Minta Investasi Bodong Diberantas, Pemodal Usaha Gibran dan Kaesang Justru Tak Terdaftar di OJK, Yan Demokrat: Bentuk Pembangkangan Anak ke Bapak?

  • Bagikan
Presiden Jokowi bersama keluarganya. (Dok Jawapos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Sorotan ke dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep terus berlanjut.

Kali ini, perusahaan penyuntik modal usaha ke jejaring bisnis Gibran dan Kaesang, Alpha JWC Ventures jadi perhatian publik.

Tercatat dua kali perusahaan ini memberikan suntikan dana senilai total Rp 100 miliar kepada jejaring bisnis yang didirikan oleh putra Presiden Jokowi.

Suntikan dana yang pertama diberikan kepada PT Kuliner Global Sejati (Goola) sebesar USD 5 juta atau senilai Rp 71 miliar pada Agustus 2019. Suntikan dana yang ke-dua diberikan kepada PT Pemuda Cari Cuan (Mangkokku) sebesar USD 2 juta atau senilai Rp 29 miliar pada November 2020.

Dikutip dari laman resminya, Alpha JWC Ventures didirikan pada tahun 2015 oleh Jefrey Joe, Will Ongkowidjaja dan Chandra Tjan. Dengan dana kelolaan mencapai USD 630 juta, perusahaan ini rajin memberikan suntikan dana pada startup berbasis teknologi.

Dari hasil penelusuran untuk menggali lebih dalam tentang Alpha JWC Ventures sebagai perusahaan modal ventura.

Berdasarkan dokumen statistik lembaga pembiayaan 2020 yang diperoleh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat 61 perusahaan modal ventura yang terdaftar hingga akhir tahun 2020.

Dari 61 perusahaan modal ventura yang terdaftar di OJK, tidak ada satu pun yang bernama Alpha JWC Ventures (tidak terdaftar). Padahal Alpha JWC Ventures telah berdiri dan beroperasi sejak 2015-2016.

  • Bagikan