Penunjukkan Menantu Luhut Sebagai Pangkostrad Disebut Balas Jasa Jokowi

  • Bagikan
Mayjen Maruli Simanjuntak ditunjuk sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pengamat politik Zaki Mubarak blak-blakan menyebut bahwa pengangkatan Pangdam Udayana Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad merupakan hadiah balas jasa.

“Ini bukan rahasia umum,” jelas Zaki Mubarak kepada GenPI.co, Sabtu (22/1).

Pasalnya, semua terkait dengan jasa Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) yang merupakan mertua Maruli Simanjuntak.

“Karena Pak LBP berjasa besar bagi kemenangan Jokowi dalam pilpres 2014 dan 2019,” ungkap Zaki Mubarak.

Oleh karena itu, akademisi dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu menganggap hal yang wajar Luhut Pandjaitan akan kebagian hadiah karena jasanya.

“Salah satu hadiahnya selain LBP diangkat sebagai Menko Marves, menantunya yakni Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad,” tuturnya.

Selain itu, Zaki Mubarak menduga jabatan Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad saat ini sangat strategis, karena diproyeksi akan naik sebagai Panglima TNI sekitar dua tahun ke depan.

“Pengangkatan Maruli memperjelas bahwa Jokowi kekuasannya terbatas, harus berbagi dengan orang-orang kuat di sekitarnya,” jelasnya.

Hal tersebut menjadi rentan akan terjadinya campur tangan politik dalam promosi jabatan dilingkungan TNI.

“Sejumlah pihak mengkhawatirkan kalau pola-pola yang kental nuansa nepotisme ini terus berlanjut akan membahayakan soliditas dan profesionalitas TNI,” imbuhnya.(wartaekonomi/fajar)

  • Bagikan