Terkait Kerangkeng Manusia Bupati Langkat, BNN Lakukan Screening

  • Bagikan
Kerangkeng berisi manusia ditemukan di rumah Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin. Temuan itu telah dilaporkan Migrant Care ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Senin (24/1/2022).

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Polda Sumut bersama BNN melakukan screening (tes urine) kepada sekitar 27 orang pasien di kerangkeng yang berada di lahan belakang rumah Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin.

Screening itu dilakukan untuk memastikan apakah benar para pasien yang berapa di kerangkeng manusia itu memang terpapar narkoba atau tidak.

“BNNP dan Ditresnarkoba melakukan screening untuk memastikan apakah warga warga binaan tersebut betul terpapar narkoba. Jadi, langkah screening itu masih dilakukan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (25/1).

Mantan Kapolres Biak, Papua itu mengungkapkan ternyata selama ini, para pasien yang dimasukkan ke kerangkeng itu, diterima hanya melalui surat pernyataan saja.

“Penjaga atau mereka sebut pembina hanya menerima komunikasi tidak melalui mekanisme asesmen, betul tidaknya mereka terpapar narkoba,” ujar Hadi.

Hadi mengatakan bahwa selama ini warga datang sendiri ke Terbit Rencana untuk menyerahkan agar keluarganya direhabilitasi di tempat tersebut.

“Selama ini mereka menitipkan di tempat tersebut, tidak dipungut biaya. Biasanya yang dititipkan anak yang kecanduan narkoba bahkan karena kenakalan remaja,” pungkas Hadi. (JPNN)

  • Bagikan