Negara Thailand Sudah Manfaatkan Tumbuhan Ganja, Indonesia Kapan?

  • Bagikan
Ilustrasi Pemanfaatan Tumbuhan Ganja

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Disaat negara Thailand sudah bisa memberikan kebebasan akses bagi warganya untuk memanfatkan tumbuhan ganja, justru negara yang kaya akan rempah masih melarang petani atau farmasi untuk membudidayakanya menjadi kepentingan medis dan industri.

Negara Indonesia yang kaya akan rempah, saat ini masih berjuang untuk mencoba tanaman ganja agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakatnya.

Lewat aktivis yang tergabung dari Lingkar Ganja Nusantara (LGN), mereka sedang berjuang agar tanaman ganja bisa dimanfaatkan masyarakat Indonesia. saat ini permohonan uji materiil terhadap Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, sedang berproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

Seperti yang dilansir dari laman media sosial LGN di Instagram, Rabu (26/1/2022). Ada beberapa keterangan yang membuat aktivis ini tetap bergerak untuk memperjuangan tanaman ganja agar bisa di manfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun dari hasil uji materiil yang berlangsung di MK, ahli Presiden tidak setuju jika tanaman ganja bisa dimanfaatkan.

“Dulu kalau kita bertanya kenapa ganja gak boleh buat pengobatan, Pemerintah jawabnya “Kita ikut Single Convention 1961-nya PBB!” Ketika arah angin soal ganja di PBB mulai berubah, alasannya ganti jadi “Tidak ada bukti!” dan “Ganja di Indonesia beda dengan di luar negeri!” Padahal sudah banyak hasil penelitian di luar sana. Penelitian soal “Ganja Indonesia beda dengan di luar negeri” ini pun entah ada di mana dan tidak bisa diakses publik.”

  • Bagikan