Kasus Omicron di Indonesia Tembus 1.988, Begini Pesan Menteri Kesehatan

  • Bagikan
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA –Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa kasus terkonfirmasi varian Omicron nyaris mencapai dua ribu per Rabu (26/1).

“Jadi, total pasien yang sudah kami lihat terkena Omicron sampai sekarang ada 1.988,” kata Menkes Budi dalam konferensi pers, Kamis (27/1).

Dari total jumlah kasus konfirmasi Omicron itu, 768 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Menkes Budi mengatakan jumlah pasien Omicron yang pernah dirawat sejak kasus pertama Omicron di Indonesia pada Desember 2021 sebanyak 854 pasien.

“Dari yang di rawat itu, asimtomatik (tidak bergejala, red) 461),” ungkap Budi.

Selanjutnya, jumlah pasien bergejala ringan sebanyak 334, sedang 54, dan berat lima orang.

Menurut Menkes Budi, pasien yang perlu dirawat di rumah sakit hanya yang bergejala sedang karena memerlukan oksigen dan bergejala berat karena perlu merawatan intensif.

“Sebenarnya yang perlu masuk rumah sakit adalah yang 59 orang itu,” tambahnya.

Menkes Budi menegaskan pasien yang saat ini dirawat di rumah sakit sebenarnya tidak semua benar-benar memerlukan perawatan rumah sakit.

Dia menilai gejala seperti batuk, flu, dan demam juga tidak memerlukan perawatan rumah sakit karena masuk kategori gejala ringan.

“Kalau enggak ada gejala, sebenarnya dirawat di rumah saja, sembuh sendiri,” tambah mantan wakil menteri BUMN itu. (jpnn)

  • Bagikan