Mantan Pramugari Siwi Widi Akan Kembalikan Aliran Uang Rp647 Juta ke KPK, Ali Fikri: Tidak Menghapus Dugaan Tindak Pidana

  • Bagikan
Pramugari Siwi Widi Purwanti atau Siwi Sidi. (Foto: Instagram)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan pramugari Garuda Indonesia Siwi Widi Purwanti dikabarkan akan mengembalikan penerimaan uang senilai Rp 647 juta, terkait dugaan aliran uang suap proses pengurusan perpajakan.

Uang itu diduga diterima Muhammad Farsha Kautsar yang merupakan anak kandung terdakwa tim pemeriksa Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Wawan Ridwan.

“Informasinya memang yang bersangkutan kooperatif akan mengembalikan uang senilai Rp 647 juta lebih ya itu, sejauh ini akan mengembalikan,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (27/1).

Oleh karena itu, KPK menunggu sikap kooperatif pramugari cantik, Siwi Widi Purwanti. KPK pun memastikan, akan menghadirkan Siwi ke dalam sidang kasus suap pajak.

“Sudah ada komitmen, sehingga nanti kita tunggu termasuk ketika nanti proses persidangan kan pasti kami panggil sebagai saksi ya,” tegas Ali.

Ali memastikan, meski penerimaan uang tersebut diserahkan ke KPK tidak akan menghapus dugaan tindak pidana. Lembaga antirasuah akan membuktikan aliran uang Wawan Ridwan yang diduga diterima Siwi Widi Purwanti.

“Tentu tidak (menghapus pidana). Jadi begini, kooperatifnya seseorang itu atau pun ia mengembalikan hasil tindak pidana korupsi itu tidak berpengaruh terhadap pembuktian unsur-unsur pasal,” ujar Ali.

Sebelumnya, Wawan Ridwan diduga menerima suap bersama-sama Alfred Simanjuntak terkait pengurusan perpajakan. Wawan Ridwan dan Alfred Simanjuntak didakwa menerima suap sebesar Rp 15 miliar dan SGD 4 juta.

  • Bagikan