Preview Indonesia vs Timor Leste: Bungkam Maciel da Silva!

  • Bagikan
Shin Tae-yong memimpin latihan timnas Indonesia/pssi.org

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Tim nasional Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam laga uji coba malam ini. Meski bertajuk friendly match, laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali ini wajib dimenangi anak asuh Shin Tae-yong.

Memang tidak ada alasan bagi Tim Garuda untuk imbang apalagi kalah di pertandingan ini. Sejarah pertemuan menunjukkan bagaimana perkasanya Indonesia menghadapi The Crocodile, julukan timnas Timor Leste.

Sejak pertemuan pertama kedua negara 21 November 2010 silam, Indonesia menyapu bersih kemenangan dalam empat duel kedua negara. Tak hanya menang, Indonesia juga mampu mencetak 14 gol atau rata-rata 3,5 gol per pertandingan.

Sementara Timor Leste, mereka hanya mampu sekali menjebol gawang Indonesia. Itu terjadi di pertemuan terakhir kedua negara di fase grup Piala AFF 2018 di Jakarta.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno tersebut, gawang Tim Garuda yang dikawal Andritany Adhiyasa dijebol bomber andalan Timor Leste, Rufino Walter Gama di menit ke-48.

Indonesia yang saat itu melakukan 64% penguasaan bola dan melepaskan total 18 tembakan kemudian menyamakan kedudukan melalui gol Alfath Fathier di menit ke-60. Setelah itu, Stefano Lilipaly membalikkan keadaan melalui titik penalti di menit ke-69 sebelum Beto Goncalvez memastikan kemenangan 3-1 Tim Garuda pada menit ke-82.

Selain head to head, performa kedua negara belakangan ini juga menunjukkan level Indonesia jauh di atas Timor Leste. Pada ajang Piala AFF 2020, Desember tahun lalu, Indonesia adalah finalis turnamen.

  • Bagikan