Suara Lantang Prabowo: Kita Merdeka Bukan Karena Hadiah dari Negara Lain!

  • Bagikan
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Tangerang, Rabu (26/1/2022).

Prabowo juga memimpin Upacara Ziarah Hari Bakti Taruna ke-76 Tahun 2022.

Upacara ini digelar sebagai penghormatan kepada para pahlawan kusuma bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan, kedaulatan, dan kehormatan bangsa Indonesia.

Upacara ziarah didahului dengan mengheningkan cipta yang dirangkai dengan peletakkan karangan bunga.

Prabowo menegaskan kemerdekaan diraih dengan darah, keringat, dan air mata. Dengan komitmen dan pengorbanan besar dari para pejuang bangsa. Bukan karena hadiah dari negara lain, tetapi melalui perjuangan,

“Ini sudah menjadi acara berkala tiap tahun. Kita menghormati para pahlawan yang telah gugur. Tentunya di seluruh Indonesia banyak peristiwa, banyak pengorbanan. Ini mengingatkan kita bahwa kemerdekaan kita itu bukanlah hadiah tetapi melalui perjuangan. Dari peringatan ini kita dapat mengerti dan sadar bahwa bangsa kita adalah bangsa pejuang, bangsa yang merebut perjuangan dengan darah, keringat dan air mata,” tegas Prabowo.

Peristiwa Pertempuran Lengkong terjadi pada 25 Januari 1946, dipimpin oleh Mayor Daan Mogot.

Bersama pasukannya, ia melucuti senjata pasukan Jepang di markas tentara Jepang di Desa Lengkong, Tangerang. Dari peristiwa ini, sebanyak 33 Taruna Akademi Militer Tangerang dan 3 perwira termasuk Daan Mogot gugur dalam peperangan.

  • Bagikan