Yusril Ihza Mahendra Ternyata Punya Lahan di IKN, Benarkah?

  • Bagikan
Yusril Ihza Mahendra

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Nama Yusril Ihza Mahendra disebut-sebut miliki lahan di Ibu Kota Negara (IKN), hal itu dikatakan Eggi Sudjana dengan tulisan berjudul “Wartawan Senior FNN Edy Mulyadi Tidak Bisa Dipidana, Ungkapan ‘ Tempat Jin Buang Anak’ (TJBA) bukan SARA, Bukan Rasis dan Bukan Hoax tapi sudah membudaya didaerah seputar jabodetabek”

Menurut Eggi, ungkapan Jin Buang Anak juga ditujukan pada lokasi IKN, menujukan Tempat yang jauh sekali dari Jakarta. IKN itu sangat belum difasilitasi sebagai suatu ibu kota seperti Jakarta. Bahkan bagaimana layak IKN merupakan kawasan hutan, pertambangan batubara, yang penuh dengan lobang bekas tambang. jadi ungkapan TJBA itu Bukan ditujukan kepada Suku, Agama, Ras, Golongan, atau Etnis tertentu.

“Baru kemudian penulis ketahui melalui buku kajian yang diterbitkan WALHI, lahan IKN tersebut mayoritas dikuasai oleh pengusaha dari Jakarta. Ada Sukanto Tanoto, Hasyim Jojohadikusumo, Reza Herwindo, Luhut Binsar Panjaitan hingga Yusril Ihza Mahendra, sudikiranya KPK perhatikan hal ini dan periksa atuh!,” kata Eggi seperti yang dilansir dari Abadikini.com, Kamis (27/1/2022).

Terkait dengan ungkap Eggi Sudjana itu, advokat kondang yang juga pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra meluruskan opini liar dari Eggi Sudjana.

Yusril menegaskan bahwa IUP tsb sudah ada belasan tahun yang lalu, jauh sebelum ada kabar daerah itu akan dijadikan IKN. Ketika akan dijadikan IKN, tidak pernah ada pembicaraan apapun dari maupun dengan Pemerintah mengenai nasib IUP di kawasan tsb setelah nantinya dijadikan ibu kota.

  • Bagikan