Ketua DPRD DKI ‘Sikut’ Anies Soal Formula E: Ini Bukan Tamiya Bos!

  • Bagikan
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pesimis sirkuit Formula E di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara bisa rampung tepat waktu.

Pasalnya sampai hari saja, belum ada pengerjaan apapun di lokasi padahal lintasan Formula E ditargetkan selesai April 2022.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, tiga bulan pengerjaan sirkuit tidak mungkin dilakukan. Tak heran jika ia menyentil sirkuit Formula E tidak sama dengan membuat trek mainan mobil balap, tamiya.

“Buat trek balap bukan kayak buat lintasan tamiya. Rasionalnya 2 tahun bos,” sentilnya saat dijumpai di gedung DPRD DKI, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya pembuatan trek balap mobil listrik tak boleh sembarangan. Jalan yang dibuat berbeda dengan jalan raya biasa. Pasalnya, kendaraan yang akan melintas di atasnya melaju dengan kecepatan sangat tinggi.

“Kencangnya mobil Formula E itu hampir sama dengan F1. Bedanya satunya pakai mesin dan satu lagi pakai listrik,” tutur Dewan Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini.

Misalnya, aspal harus kualitas terbaik agar kendaraan yang melintas cepat tetap stabil. Apalagi lokasi sirkuit merupakan tempat pembuangan lumpur.

“Nggak boleh sembarangan landasan dibuat 3 bulan, nanti tiba-tiba pas lagi belok aspalnya terkelupas,” ucapnya.

Pras lalu mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak tergesa-gesa dalam melakukan persiapan Formula E.

  • Bagikan