Sering Onani Picu Ejakulasi Dini? Begini Jawabannya

  • Bagikan
Clinical Psikologist, Inez Kristanti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ejakulasi dini serikat kali menjadi hal yang tak banyak orang memahami.

Clinical Psikologist, Inez Kristanti mengatakan, ejakulasi dini adalah pola ejakulasi yang berulang-ulang dan persisten dimana ejakulasi itu terjadi kurang dari satu menit setelah dilakukan hubungan seksual atau senggama sehingga ejakulasi itu terjadi sebelum orang itu mau benar-benar ejakulasi.

Lantas, mengapa seseorang bisa mengalami ejakulasi dini? Inez menyebut, penyebab dari ejakulasi dini bermacam-macam.

“Tetapi mungkin yang bisa mendasarinya adalah, pertama apakah seseorang itu mengalami depresi atau kecemasan atau mungkin juga sedang marah terhadap pasangannya atau yang lain mungkin adalah mungkin seseorang itu sedang merasa rendah diri atau low self esteem kemudian berikutnya perasaan bersalah dalam melakukan hubungan seksual,” ujarnya dalam channel YouTube Gue Sehat, dikutip Fajar.co.id, Kamis, (10/2/2022).

Berbicara tentang ejakulasi dini, ternyata tidak hanya terjadi pada laki-laki, tetapi juga pada perempuan. Hanya saja istilahnya berbeda yakni lebih sering disebut sebagai premature female orgasm atau orgasme perempuan yang terlalu dini.

“Tapi biasanya ini tidak menjadi masalah bagi perempuan. Karena perempuan memiliki kesempatan orgasme berkali-kali dalam watu dekat, beda dengan laki-laki,” sebutnya.

Di sisi lain ada yang menduga, keseringan onani menjadi salah satu faktor ejakulasi dini. Namun, Inez menyebut, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa onani atau masturbasi bisa menyebabkan ejakulasi dini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan