Jelajahi Gunung Leuser Aceh, Tempat Lahirnya Pasukan Bergajah di Aceh

  • Bagikan
Tunggangi Gajah di Gunung Leuser

FAJAR.CO.ID, ACEH — Taman Nasional Gunung Leuser, menjadi salah satu gunung yang santer dibicarakan karena kunjungan aktor Hollywood, Leonardo Dicaprio.

Tidak sedikit, wisatawan banyak yang ingin mengetahui ada apa disana. Berikut, 10 fakta taman nasionalnya yang harus Anda tahu, yang dilansir dari situs resmi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Selasa (15/2/2022).

Leonardo DiCaprio datang bersama teman-temannya, aktor Adrien Brody, Fisher Stevens dan sejumlah kru. Mereka melihat langsung keanekaragaman flora dan fauna di sana, seperti gajah sumatera dan orang utan. Petualangannya ke TNGL, adalah untuk mendukung kegiatan konservasi di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Aceh memang terkenal dengan pasukan bergajah dimasa kerajaanya. Dihimpun dari situs resmi TNGL, website resmi pariwisata Indonesia (indonesia.travel) dan website resmi Departemen Kehutanan, ada beberapa fakta Taman Nasional Gunung Leuser, yang hingga kini masih di nampas asri.

  1. Berada di dua provinsi

Taman Nasional Gunung Leuser punya luas 1.094.692 hektar. Secara administrasi, taman nasional ini berada di dua provinsi yakni Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

10 Kabupaten/kota yang mengelilingi Taman Nasional Gunung Leuser adalah Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Kota Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Dairi, Karo, Deli Serdang, dan Langkat. 4 Nama terakhir, berada di Sumatera Utara.

  1. Punya 2 status internasional

Taman Nasional Gunung Leuser menyandang 2 status yang berskala global yaitu sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1981, dan sebagai World Heritage pada tahun 2004. Kedua status tersebut ditetapkan oleh UNESCO dan World Heritage Committee atas usulan pemerintah Indonesia setelah melalui rangkaian proses seleksi yang ketat.

  • Bagikan