Jelajahi Gunung Leuser Aceh, Tempat Lahirnya Pasukan Bergajah di Aceh

  • Bagikan
Tunggangi Gajah di Gunung Leuser

Di Tangkahan, terdapat air terjun dan gajah-gajah Sumatera. Masyarakat setempat sudah mengelola pariwisata dengan baik, serta menawarkan pengalaman untuk berinteraksi dengan gajah Sumatera dari dekat.

Bagi para pendaki yang mau mendaki Gunung Leuser (3.404 mdpl), pintu masuknya adalah di Kedah. Sebuah dusun yang terletak di Desa Penosan Sepakat, Blang Jerango, Gayo Luwes, Aceh. Pendakian dari sini bisa 7 hari lamanya dan menawarkan petualangan yang dahsyat. Sedangkan di Lawe Gurah, adalah tempatnya pemandian air panas. Di sini, kita juga dapat melihat bunga rafflesia yang terkenal.

  1. Tiket masuk

Tiket masuk ke Taman Nasional Gunung Leuser, untuk wisatawan domestik sebesar Rp 5 ribu dan wisatawan mancanegara sebesar Rp 150 ribu. Kalau di hari libur nasional dan di hari Minggu, tiketnya Rp 7.500 untuk wisatawan domestik dan Rp 225 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Data tersebut, diambil dari situs resmi Taman Nasional Gunung Leuser. Harga tiketnya, sudah berlaku dari tanggal 14 Agustus 2014.

  1. 'Sister park' dengan taman nasional di Malaysia

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfer. Berdasarkan kerjasama Indonesia-Malaysia, juga ditetapkan sebagai 'Sister Park' dengan Taman Negara National Park di Malaysia.

Artinya, kedua taman nasional tersebut punya banyak persamaan. Diharapkan, kedua pihak taman nasional juga dapat bekerjasama untuk saling menjaga dan melestarikan kehidupan flora dan faunanya. (riki/fajar)

  • Bagikan