Ukraina Umumkan Perang dengan Rusia, Zelensky Bersumpah Rebut Kembali Krimea dan Donbass

  • Bagikan
Tentara ukraina. (Foto: REUTERS/Marko Djurica)

FAJAR.CO.ID, KIEV-- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky resmi umumkan perang hari ini, 16 Februari 2022.

Volodymyr Zelensky mendeklarasikan perang ketika Amerika Serikat mengklaim Rusia mungkin akan menyerbu Ukraina.

Presiden Ukraina menandatangani Dekrit yang menetapkan 16 Februari sebagai hari persatuan nasional.

Dalam dekrit yang ditandatangani pada hari Senin kemarin ia memerintahkan pemutaran lagu kebangsaan dan pengibaran bendera dan pita bendera di seluruh negeri.

"Dikatakan bahwa 16 Februari akan menjadi hari penyerangan. Kami akan menjadikannya hari persatuan," kata Volodymyr Zelensky dalam sebuah pidato di Ukraina seperti diberitakan Rusia Today, dikutip Rabu 16 Februari 2022.

"Pada hari ini, kami akan mengibarkan bendera nasional kami, mengenakan pita biru-kuning, dan menunjukkan persatuan kami kepada seluruh dunia," sambungnya.

Pada saat pidato, Volodymyr Zelensky telah menandatangani dekrit presiden 53/2022 tentang langkah-langkah mendesak untuk mengkonsolidasikan masyarakat Ukraina dan memperkuat ketahanannya dalam menghadapi ancaman hibrida yang berkembang.

Dalam dekrit tersebut, ia menyatakan 16 Februari 2022 sebagai Hari Persatuan Ukraina, memerintahkan semua rumah dan bangunan untuk mengibarkan bendera Ukraina dan menyanyikan lagu kebangsaan pada pukul 10 pagi.

Volodymyr Zelensky mengimbau warga untuk memakai pita dengan warna bendera juga.

Zelensky bersumpah bahwa Kiev akan mengembalikan Krimea dan Donbass ke Ukraina pada akhirnya, tetapi secara eksklusif melalui diplomasi dan negosiasi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan