Cerita Gus Dur : Presiden Indonesia Kalo Ngangur Pasti Baca Buku

  • Bagikan
Gus Dur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, selama menjadi Presiden Indonesia sering bertemu kepala negara dari berbagai negara sahabat. Salah satu yang pernah ditemuinya adalah Presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Hampir semua kepala negara yang pernah bertemu dengan Gus Dur akan berakhir dengan tertawa, tak terkecuali Bill Clinton.

Seperti yang diceritakan dalam tulisan di buku "Humor Gus Durian" karya Gus Risang, yang dikutip Fajar.co.id, Kamis (17/2/2022). Saat Gus Dur dan Clinton bertemu pada media, di bulan Januari 2000, koran-koran Amerika memuat foto Gus Dur bersama Bill Clinton.

Di foto itu Clinton terlihat tertawa riang hingga meyentuh lengan Gus Dur, suasana cair nampak menyelimuti pertemuan itu. Harusnya pertemuan itu berlangsung selama 30 menit, tapi justru pertemuan itu berakhir hinga 90 menit. Suana nyaman saat ketika berbicara dengan Gus Dur, itu kalimat yang cocok untuk sebuah ungkapan dalam pertemuan Gus Dur dengan Bill Clinton.

Alasan Clinton tertawa lebar apalagi kalau bukan mendengar humor dari Gus Dur. Jadi Gus Dur memang kerap membicarakan hal yang meluas ketika sedang bersama kepala negara lain. Ini adalah salah satu bukti, bahwa Gus Dur adalah Presiden Indonesia yang menyenangkan, dan selalu menyelipkan sesuatu hal yang humoris.

Kepada Clinton, Gus Dur bercerita tentang Presiden John F Kennedy, pendahulu Clinton. Suatu hari, kata Gus Dur, Kennedy mengajak sekelompok wartawan masuk ke ruang kerja Presiden AS.

Di salah satu dindingnya ada lubang kecil tempat Presiden Dwight Eisenhower menaruh peralatan golfnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan