Tangis Dorce Pecah Mengenang Gus Dur, Bikin Merinding

  • Bagikan
KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Mendiang Dorce Gamalama punya kenangan manis bersama KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang sangat membekas bagi kehidupannya.

Sebagai seorang transgender, Dorce kerap dipandang sinis bahkan dicemooh oleh sebagian orang bahkan pemuka agama sekalipun. Tapi tidak demikian di mata Gus Dur.

Video Dorce saat memberi kesaksian tentang Gus Dur Sang Bapak Kemanusiaan kembali viral di media sosial.

"Gus Dur itu punya rasa, punya hati. Kalau kata Gus Dur: "Udah biarin aja, dosa dosa dia kok, gitu loh," ungkap Dorce langsung di hadapan istri dan anak-anak Gus Dur, dilansir dari unggahan akun Twitter Jaringan Gusdurian, Senin (21/2/2022).

Dorce yang wafat pada Rabu 16 Februari lalu itu mengungkap walaupun Gus Dur merupakan seorang cendekiawan muslim, seorang guru hingga ulama, tapi Gus Dur tidak pernah menggurui dan menjatuhkan orang.

"Jujur tidak ada lagi dua orang yang melindungi saya di dunia yaitu Gus Dur dan Gus Miek. Walaupun ada yang lain tapi tidak seperti Gus Dur yang hangat," tutur Dorce.

Sehingga ia menyimpulkan, tidak salah jika banyak kalangan menyebut Gus dur adalah bapak kemanusiaan.

"Kalau beliau dibilang bapak kemanusiaan, ya sangat pantas. Kalau bisa ditambah, saya tambahkan lagi bapak kemanusiaan semua orang," pungkasnya sambil menahan tangis.

Diketahui, Presiden keempat RI itu merupakan cendekiawan Muslim Indonesia yang berhasil mengawinkan antara intelektualisme dan aktivisme.

Sumbangan terbesar Gus Dur adalah telah mendorong ide demokratisasi dan mengembangkan wacana masyarakat sipil, demokrasi, dan HAM di kalangan nahdhiyyin, baik para kyai maupun umat NU.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan