Ditekan Amerika dan NATO, Rusia Disebut Punya Cadangan Finansial dan Sumber Daya Fantastis

  • Bagikan
Presiden Rusia, Vladimir Putin.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Pakar hubungan internasional dari Universitas Padjadjaran Teuku Rezasyah menyebut Rusia punya cadangan duit fantastis dan masih punya cadangan dukungan dari China. Rusia masih aman.

Lebih jauh Rezasyah menyebut Rusia sudah mengantisipasi tekanan diplomatik dari negara-negara atas invasi ke Ukraina.

Menurutnya, Rusia bakal masih bisa bertahan meski diembargo dalam segala aspek. Rusia bisa bertahan selama dua tahun dalam kondisi perang.

“Jadi, kalau dia dicekik selama 1-2 tahun, dia masih bertahan, apalagi dia masih punya cadangan dukungan dari China,” kata dia, Kamis (24/2/2022).

“NATO dan Amerika sudah menekan, katakan secara ekonomi, keuangan, secara pembatasan teknologi, itu mungkin ya terjadi. Tapi Rusia sudah siap, dia sudah punya cadangan duit yang fantastis,” ucap Rezasyah lagi.

Teuku Rezasyah mengatakan Indonesia harus bisa menjadi negara yang berdiri ‘di tengah-tengah’ Rusia dan Ukraina, yang ‘kaya’ dengan ide-ide untuk mengakhiri peperangan antara Rusia dengan Ukraina.

“Di tengah juga harus kaya dengan ide. Nggak bisa mengatakan diam di tengah-tengah, tapi angin berhembus kencang dari depan, belakang, kiri dan kanan,” kata Rezasyah kepada wartawan.

“Indonesia harus punya ide, bagaimana solusinya. Karena sekarang hanya Indonesia yang bisa diharapkan, bisa memberikan jalan tengah, ataupun jalan yang bisa mengakhiri tanpa adanya keruwetan lebih lanjut,” tuturnya menambahkan.

Namun, Rezasyah tak menampik bahwa Indonesia pasti sungkan dengan Rusia dan Ukraina. Satu hal yang menurut Rezasyah harus dijaga oleh pemerintah Indonesia, jangan sampai Rusia atau Ukraina saling tuding menggunakan bahasa yang ‘keras’ di wilayah NKRI

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan