Guntur Romli Bilang Tak Perlu Pengeras Suara, Haris KNPI: Azan untuk Memanggil Umat Islam Salat, Bukan Memanggil Tuhan

  • Bagikan
Haris Pertama

FAJAR.CO.ID — Pernyataan Guntur Romli yang menyebut pengeras suara di setiap masjid di seluruh Indonesia, tidak perlu karena Tuhan Maha Mendengar ditanggapi Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama.

Di mana sebelumnya Guntur mengungkap dalil dalam Alquran surah Al Qaf ayat 16. Di situ sudah dijelaskan bahwa Allah tidak tuli. Sehingga masjid tak perlu dibuatkan alat pengeras suara dalam azan maupun berdoa.

“Tuhan lebih dekat dari urat leher kita. Makanya dia mengetahui isi hati kita. Dan Tuhan tidak tuli. Tuhan Maha Mendengar,” demikian isi surah tersebut yang diartikan.

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini pun bilang, lebih baik umat muslim berdoa pakai hati saja. Karena dengan itu, Tuhan sudah mendengar apa yang diminta hamba-Nya meski tanpa alat pengeras suara.

“Lagi pula, pengeras suara itu buat siapa sih? Buat memanggil Tuhan? Tentu saja tidak. Tuhan Maha Dekat. Tidak perlu pengeras suara untuk memanggilnya. Tidak perlu suara keras. Suara hati saja Dia sudah dengar,” jelasnya dikutip dari kanal YouTube Cokro TV.

Terkait pernyataan itu Haris Pertama menyatakan bahwa azan berkumandang bukan untuk memanggil Tuhan, tetapi memanggil umat Islam untuk melaksanakan salat.

“Adzan itu bertujuan memanggil umat Islam untuk Sholat, bukan memanggil Tuhan. Makanya jadi pegiat media sosial jangan asal nyeplos nanti di ketawain banyak orang,” tulis Haris melalui akun twitternya, @knpiharis.

  • Bagikan