Sudah Mencoba Berbagai Suplemen, Ternyata Ini 5 Bahan Alami yang Bikin Awet Muda

  • Bagikan
Ilustrasi: Ikan salmon. Foto: foodlife

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kulit sehat, kenyal, dan kencang tentu menjadi impian semua wanita. Tidak sedikit yang mengonsumsi berbagai macam suplemen untuk membuat terlihat awet muda dan berpenampilan menarik.

Suplemen yang mengandung kolagen, salah satu yang dipercaya dapat meningkatkan kekencangan kulit. Kolagen merupakan sumber protein yang bagus untuk meningkatkan kekenyalan kulit.

Ternyata, kulit cantik nan menarik tidak hanya dapat diperoleh dengan mengonsumsi suplemen saja. Beberapa makanan alami juga kaya kolagen, lho.

Seperti dilansir di laman jpnn.com, ada beberapa sumber makanan alami yang sangat kaya kolagen, yakni:

  1. Kaldu Tulang

Kaldu tulang termasuk sumber kolagen yang populer. Untuk memperolehnya juga tidak begitu sulit, meski tetap membutuhkan kesabaran. Caranya, rebus tulang ayam atau sapi selama 12 hingga 48 jam.

Bahkan, semakin lama tulang direbus, kandungan kolagen dan rasa kaldu yang dihasilkan juga makin kaya. Hasil rebusan tulang juga tidak hanya mengandung kolagen, tetapi juga kaya kalsium, fosfor, magnesium, glukosamin, dan kondroitin.

Akan tetapi, perhatikan juga kualitas tulang dan bahan-bahan yang digunakan, ya Bund.

  1. Ayam

Tahukah Anda, kebanyakan suplemen kolagen dibuat dari ayam? Makanan ini mengandung semua jenis asam amino, yakni zat pembentuk kolagen. Sebagian besar kolagen ayam berasal dari jaringan ikat dan tulang rawannya.

Protein pada daging ayam juga tergolong berkualitas tinggi karena kandungan asam aminonya yang lengkap. Berkat hal ini, banyak ahli menggunakan tulang rawan dan leher ayam sebagai sumber kolagen untuk pengobatan radang sendi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan