Jadi Presiden Yahudi Pertama di Ukraina, Zelensky Dulunya Dikenal Komedian

  • Bagikan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky adalah seorang komedian dan satiris TV yang sangat populer.

FAJAR.CO.ID, KIEV-- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di masa lalu ternyata memiliki catatan profil yang unik. Meski saat ini ia tengah bertahan dari serangan Rusia dan membela rakyatnya, ia sebelumnya dikenal sebagai komedian.

Sebelum menjadi presiden, ia adalah seorang komedian dan satiris TV yang sangat populer. Karena sangat terkenal, akhirnya ia memasuki dunia politik.

Namun karena perang yang terus berkecamuk di Ukraina setelah invasi oleh pasukan Rusia, mata dunia telah tertuju pada Presiden muda negara itu, Volodymyr Zelensky.

Volodymyr Zelensky adalah Presiden Ukraina yang menjabat sejak Mei 2019. Sebelum memasuki dunia politik, ia adalah seorang komedian, satiris, dan aktor.

Dilansir dari Wales Online, Senin (28/2) lahir di Kryvyi Rih, Ukraina tengah, pada tahun 1978, Zelensky adalah presiden Yahudi pertama di negara itu. Ini adalah tonggak penting bagi Ukraina, karena diperkirakan 1,2-1,6 juta orang Yahudi Ukraina di antaranya anggota keluarga Zelensky.

Selama karir komedinya, Zelensky membintangi serial TV satir yang sangat populer, Servant of the People. Dalam pertunjukan itu, ia memerankan seorang guru sekolah menengah muda yang diangkat menjadi presiden Ukraina setelah kata-katanya melawan korupsi menjadi viral.

Zelensky mencalonkan diri sebagai presiden dengan tiket partai itu pada tahun berikutnya. Dalam pemilihan presiden Ukraina April 2019, Zelensky menang telak. Dia memenangkan lebih dari 70 persen suara putaran kedua dan mengalahkan petahana sebelumnya, Petro Poroshenko.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan