Sibuk Urus Suara Azan, Yusril Ihza Minta Menag Fokus Selesaikan Masalah Pencopotan Plang Muhammadiyah

  • Bagikan
Menag Yaqut Cholil Qoumas

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengkritik Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas terkait pernyatannya yang membandingkan suara azan dengan kebisingan suara gonggongan anjing.

Pakar Hukum Tata Negara itu menyatakan, dari pada sibuk mengurusi hal itu, Menag Yaqut disarankan mengurusi masalah pencopotan plang Muhammadiyah yang terjadi di Banyuwangi.

"Menteri Agama sudah waktunya tangani masalah seperti ini (pencabutan plang Muhammadiyah). Daripada sibuk ngurusi suara azan dan membanding-bandingkannya dengan gonggongan anjing, yang malah bikin masalah tambah runyam," katanya dikutip dari akun Twitter-nya @Yusrilihza_Mhd, Senin (28/2/2022).

Dia menjelaskan, tugas Kementerian Agama yang dipimpin Yaqut Cholil Quomas. Adapun tugasnya adalah menata dan mendorong kehidupan beragama yang lebih tenang, aman, dan damai di tengah kemajemukan.

Karena itu, menurutnya, Menteri Agama seyogianya dapat mengajak semua umat beragama hidup berdampingan secara damai dan saling menghormati perbedaan.

"Segala ucapan yang dilontarkan harus hati-hati, halus dan menjunjung tinggi sopan-santun serta budi bahasa. Ucapan-ucapan yang menyejukkanlah yang dinanti-nanti umat semua agama dari Menteri Agama. Setiap kebijakan yang akan diambil juga perlu direnungkan dalam-dalam segala dampaknya," ujarnya.

Dia berharap Menag Yaqut turut menjaga tutur katanya agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Apalagi bila pernyataan itu justru menimbulkan masalah baru di masyarakat Indonesia.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan