Belum Ada Penelitian Sering Onani Picu Ejakulasi Dini, Lantas Apa Penyebabnya? Ini Kata Ahli

  • Bagikan
Psikologi Klinik, Inez Kristanti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ejakulasi dini adalah pola ejakulasi yang berulang-ulang dan persisten dimana ejakulasi itu terjadi kurang dari satu menit setelah melakukan hubungan seksual atau senggama sehingga ejakulasi itu terjadi sebelum orang itu mau benar-benar ejakulasi.

Ejakulasi dini kerap menghantui khususnya para pria dalam kehidupan seksnya. Lantas, mengapa seseorang bisa mengalami ejakulasi dini?

Psikologi Klinik, Inez Kristanti menjelaskan hal yang biasanya mendasari terjadinya ejakulasi dini adalah karena seseorang tersebut depresi atau kecemasan

Bisa juga karena sedang marah terhadap pasangannya atau mungkin seseorang itu sedang merasa rendah diri atau low self esteem serta ada perasaan bersalah dalam melakukan hubungan seksual.

Di sisi lain ada yang menduga, keseringan onani menjadi salah satu faktor ejakulasi dini.

Namun, Inez menyebut, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa onani atau masturbasi bisa menyebabkan ejakulasi dini.

“Malah beberapa treatment untuk mengatasi ejakulasi dini itu melibatkan ejakulasi terkontrol,” jelasnya.

Di sisi lain, ada juga yang percaya, obat kuat mampu mengatasi ejakulasi dini. Dia mengatakan, itu tergantung jenis obat apa.

“Obat kuat ini obat kuat apa. Memang penanganan ejakulasi dini bisa menggunakan obat-obatan. Tapi agar aman gunakan anjuran dokter,” pungkasnya. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan