Yoon Suk-yeol Terpilih Jadi Presiden Baru Korea Selatan, Unggul 1 Persen dari Jagoan Demokrat

  • Bagikan
Yoon Suk-yeol terpilih sebagai Presiden Korsel yang baru (BBC)

FAJAR.CO.ID, SEOUL-- Korea Selatan kini memiliki presiden baru. Yoon Suk-yeol terpilih sebagai presiden suksesor Moon Jae-in setelah melalui persaingan ketat dalam pemilu. Ia berasal dari oposisi yakni Partai Konservatif. Yoon meraih kemenangan setelah mengungguli Lee Jae-myung dari Partai Demokrat.

Yoon berjanji untuk mengatasi ketidaksetaraan kelas. Dia menyebut kemenangannya sebagai kemenangan rakyat Korea Selatan yang hebat.

Selisih kemenangannya ketat, hanya di bawah 1 persen. Yoon berjanji memperhatikan mata pencaharian masyarakat dan memberikan layanan kesejahteraan yang hangat kepada yang membutuhkan.

“Melakukan upaya terbaik agar negara kita berfungsi sebagai anggota komunitas internasional yang bangga dan bertanggung jawab,” ucap Yoon seperti dilansir BBC.

Yoon dan Lee dipandang tidak populer selama kampanye. Analis mengatakan para pemilih tampak sangat kecewa dengan 2 kandidat itu sehingga media lokal menjuluki pemungutan suara itu sebagai pemilihan yang tidak menguntungkan.

Namun, pemilihan pada Rabu (9/3) ternyata sebaliknya. Sebanyak 77 persen angka partisipasi pemilih yang memenuhi syarat memberikan suara.

Yoon menjadikan penghapusan Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga sebagai janji utama kampanyenya. Yoon juga sangat condong ke basis dukungan pria muda, beberapa di antaranya menyatakan bahwa tidak ada diskriminasi gender sistemik di Korea Selatan.

Sementara itu, Gedung Putih AS telah mengirimkan ucapan selamat kepada Yoon. Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden berharap untuk lebih memperluas hubungan kedua negara.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan