Akun WhatsApp Kena Hack, 2 Cara Memulihkannya

  • Bagikan
ILUSTRASI. Seorang pengunjung kafe sedang bermain ponsel. EDY ARSYAD/FNN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp menjadi aplikasi chatting paling populer dan digunakan hampir semua orang di dunia.

Lantaran WA menjadi aplikasi pesan gratis pertama di dunia Cara menggunakannya cukup mudah. Misalnya, nama pengguna, WhatsApp tidak membutuhkannya. Yang terhubung adalah nomor ponsel sehingga yang akan muncul ke pengguna lain dengan nama yang sama ketika disimpan dalam daftar kontak.

Sayangnya, peretas bisa menyusup ke akun WhatsApp. Saat akun kena hack kita mungkin bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan agar akun kembali dan mengamankannya untuk mencegah masalah serupa terjadi di masa mendatang.

Salah satu ciri utama akun WhatsApp disusupi dengan melihat kontak yang tidak tersimpan. Tanda lainnya adalah pesan yang tak dikirimkan.

Saat membuka aplikasi tersebut muncul pesan mencurigakan, kemungkinan orang lain menggunakan akun tersebut. Tanda lainnya dari akun yang disusupi, yaitu komunikasi aneh seperti menerima email tentang perubahan akun.

Apabila menemui hal itu, ada baiknya segera mengambil tindakan. Terakhir, perusahaan milik WhatsApp mungkin sedang diretas. Situasi itu merupakan serangan berskala luas yang bisa membahayakan data pengguna.

Sayangnya, tak ada cara yang bagus mendeteksi jenis aktivitas itu, tetapi WhatsApp akan mengirimi pemberitahuan bahwa akun telah disusupi Apabila akun sedang diretas, cara cepat melindungi informasi pribadi dan mendapatkan kembali kendali ada dua cara, seperti dikutip laman Alphr.

  1. Beritahu Kontak Anda

Salah satu penipuan terbaru, yaitu meminta kode verifikasi sambil berpura-pura menjadi kontak anda karena sifat dari fitur keamanan WhatsApp yang dibutuhkan hanya nomor telepon dan kode verifikasi untuk masuk.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan