Terdeteksi di Amerika Serikat, Kasus Pendeta Saifuddin Bakal Seperti Jozeph Paul Zhang?

  • Bagikan
Pendeta Saifuddin Ibrahim

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pendeta Saifuddin Ibrahim diduga berada di Amerika Serikat. Bareskrim sudah bekerjasama dengan Dirjen Imigrasi dan Kemlu serta FBI untuk mencari Pendeta Saifuddin di AS.

Yang menjadi pertanyaan, apakah upaya ini akan berhasil menangkap Pendeta Saifuddin Ibrahim.

Kasus yang hampir serupa sudah pernah terjadi yaitu Pendeta yang menghina Allah SWT, Nabi Muhammad dan Islam, namanya Jozeph Paul Zhang.

Kasus ini sudah hampir setahun, Jozeph Paul Zhang tak kunjung juga bisa dibawa polisi ke Indonesia.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan, Polri telah berkoordinasi dengan sejumlah aparat di luar negeri, termasuk Biro Investigasi Federal AS (FBI) untuk melacak keberadaan Saifuddin Ibrahim.

Polisi saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait video Saifuddin Ibrahim yang meminta agar 300 ayat Alquran dihapus.

“Dari hasil penyelidikan diperoleh informasi bahwa saudara Saifuddin Ibrahim saat ini berada di Luar Negeri,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (18/3).

Irjen Dedi menjelaskan bahwa penyidik bakal berkoordinasi dengan FBI terkait dugaan tersebut.

Selain itu, kata dia, pelacakan juga akan dilakukan melalui Kementerian Luar Negeri dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Melakukan koordinasi dengan Ditjen Imigrasi Kemenkumham dan Kemenlu terkait dugaan keberadaan saudara SI di Amerika Serikat,” jelasnya.

Irjen Dedi menyatakan penyelidikan itu didasarkan pada laporan polisi Nomor: LP/B/0133/III/2022/SPKT Bareskrim Polri tertanggal 18 Maret 2022 dengan pelapor bernama Rieke Vera Routinsulu.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan