Usai Olahraga Pagi, Wapres Ma’ruf Amin Kunjungi Taman Burung TMII, Kok Burung Kasuari Dipisah-pisah?

  • Bagikan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin Bersama Wury Ma'ruf Amin, Kunjungi Taman Burung di TMII

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Setelah berjalan menempuh jarak sekitar 3,3 km dalam waktu 45 menit, akhirnya Wapres tiba di garis finish yakni area wisata Taman Burung TMII. Tidak juga beristirahat, Wapres pun langsung lanjut melihat-lihat berbagai jenis burung koleksi Taman Burung TMII, yang berasal dari seluruh tanah air dan terdiri atas 175 jenis dengan jumlah mencapai ribuan ekor.

Saat melintasi kandang burung Kasuari, langkah Wapres tiba-tiba terhenti. Ia bertanya mengapa beberapa ekor burung khas Papua tersebut di tempatkan pada area yang terpisah-pisah. "Kenapa ini burung Kasuari dipisah-pisah, tidak bersama dalam satu area?" tanya Wapres, Sabtu (19/2/2022).

Mendengar pertanyaan ini, Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana pun menjawab bahwa burung Kasuari merupakan burung teritorial yang akan berkelahi satu sama lain apabila ditempatkan bersama.

"Masing-masing memiliki wilayah Bapak, apabila bersama maka akan berkelahi untuk memperebutkan wilayah kekuasaannya," terangnya.

Usai mengitari area Taman Burung seluas 6 hektar dalam waktu kurang lebih 30 menit, Wapres dan Ibu Wury kemudian beristirahat di pinggir kolam di dalam kawasan Taman Burung. Di tempat ini, sambil menikmati sarapan ringan, Wapres dan Ibu Wury disuguhi atraksi perkenalan dengan satwa burung oleh petugas pemandu Taman Burung.

Burung pertama yang diperkenalkan pada Wapres adalah burung Julang Emas. Menurut keterangan pemandu, burung ini banyak ditemui di wilayah bagian barat Kalimantan dan memiliki kelebihan yakni dapat terbang 100 km per hari. Adapun makanannya adalah buah-buahan kaya lemak seperti pepaya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan