Sejarah! Miguel Oliveira Juara MotoGP Mandalika

  • Bagikan
Balapan MotoGP Mandalika/Twitter

FAJAR.CO.ID, LOMBOK TENGAH—Pembalap Portugal, Miguel Oliveira mencatatkan namanya dalam sejarah gelaran MotoGP Indonesia. Rider Red Bull KTM menjadi pembalap yang meraih gelar pertama di Sirkuit Mandalika.

Podium kedua diraih pembalap Yamaha, Fabio Quartararo. Sementara posisi ketiga ditempat pembalap Ducati, Johann Zarco

Jalannya Balapan

Pada balapan yang berlangsung beberapa saat lalu, Fabio Quartararo yang start terdepan memimpin di tikungan pertama. Sementara duo Ducati; Jorge Martin dan Johann Zarco yang start di posisi kedua dan ketiga turun ke urutan posisi keempat dan kelima.

Miguel Oliveira mengambil alih pimpinan balapan di akhir putaran pertama. Sementara Jack Miller juga mampu melewati Quartararo untuk posisi kedua.

Memasuki lap ke-4 dari 20 lap yang diperlombakan, Oliveira dan Miller sudah cukup jauh di depan. Andrea Dovizioso mengalami masalah dengan motornya di lap ke-7. Setelah itu, Jorge Martin terjatuh. Pol Espargaro juga nyaris kehilangan kendali pada motornya di lap ke-8.

Posisi pembalap memasuki lap 10 yakni, Oliveira, Miller, Alex Rins, Zarco, Quartararo, Joan Mir, Franco Morbidelli, Luca Marini, Brad Binder, Francesco Bagnaia, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Darryn Binder, Alex Marquez, Enea Bastianini, Raul Fernandez, Marco Berzzecchi, Fabio Di Giannantonio, Takaaki Nakagami, Maverick Vinales, dan Remy Gardner.

Memasuki lap 12, Oliveira sudah meninggalkan pembalap lainnya cukup jauh. Kecuali jika dia membuat kesalahan, Oliveira kemungkinan besar akan memenangkan MotoGP Mandalika untuk pertama kalinya. Pembalap Portugal itu memimpin empat detik dengan delapan lap tersisa. Quartararo naik ke posisi kedua di empat lap terakhir. Zarco juga berhasil menyalip Miller. Posisi ini bertahan hingga finis.

  • Bagikan