Pengungsi Rohingya di Aceh Suka Kabur-kaburan, Pemda Relokasi 114 Pengungsi Rohingya Ke Pekanbaru Riau

  • Bagikan
Pengungsi Rohingya Saat Berlabuh di Aceh

FAJAR.CO.ID, ACEH -- Pengungsi Rohingya masih banyak yang tersebar diwilayah Aceh. Ada sebanyak 114 pengungsi Rohingya yang akan direlokasi dari Aceh ke wilayah Pekanbaru Riau.

Saat ini, imigran Rohingya masih dievakuasi di gedung serbaguna Kecamatan Jangka untuk sementara waktu. Kemudian untuk fasilitas seperti kamar mandi dan lainnya telah disiapkan oleh organisasi UNHCR dan IOM.

Camat Jangka, Alfian menyebutkan, rencana pemindahan ke Pekanbaru itu dijadwalkan kemarin malam Minggu (20/3). Namun, karena pihak terkait di Pekanbaru belum siap, relokasi itu akhirnya ditunda.

"Rencana tadi malam hendak dipindahkan ke Pekanbaru dan Pemda sudah menyiapkan bus dan sudah diisi BBM. Ternyata di sana mungkin belum siap sehingga ditunda," kata Alfian saat dikonfirmasi, Senin (21/3/2022)

Dari informasi yang dia peroleh, ada terjadi gesekan antara warga dengan pengungsi Rohingya, karena masyarakat setempat kesal dengan ulah pengungsi Rohingya yang berupaya kabur. Padahal kepada pengungsi Rohignya, Forkopimda dan aparat sudah menginstruksikan agar imigran tersebut tidak meninggalkan lokasi penampungan.

"Sebelum dipindahkan ada yang kabur tiga orang, tapi ditangkap warga dan ditegur, tapi mereka (imigran Rohingya) tidak terima," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Alue Buya Pasie, Muslem membenarkan warganya bertindak untuk mengusir pengungsi Rohingya karena tidak mau diatur. Penyebabnya kata dia, diduga ada provokator di dalam rombongan pengungsi tersebut.

Diketahui 114 pengungsi Rohingya ini sebelumnya terdampar di Desa Alue Buya, Bireuen pada Minggu (6/3). Mereka tiba di bibir pantai tanpa sepengetahuan aparat dan warga sekitar. (riki/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan