Smartphone Android Rakus Memori, Google Siapkan Fitur Arsip Aplikasi

  • Bagikan
ILUSTRASI. Seorang pengunjung kafe sedang bermain ponsel. EDY ARSYAD/FNN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Jika dibandingkan dengan iOS, smartphone Android memang boleh dibilang paling rakus memori. Hal ini lantaran banyaknya aplikasi pra-install yang hadir di ponsel-ponsel Android terbaru.

Biasanya, setiap merek memiliki aplikasi pra-instal bawaan yang sudah terpasang di smartphone baru mereka yang dilempar ke pasaran. Sayangnya, banyak dari aplikasi tersebut tidak berguna dan justru hanya membuat ruang simpan makin sempit saja.

Parahnya lagi, kebanyakan dari aplikasi tersebut tidak bisa dihapus atau di uninstall sehingga hanya menuh-menuhin kapasitas memori saja. Nah, untuk menyikapi hal tersebut, Google baru-baru ini dilaporkan sedang memeprsiapkan alternatif dengan merilis fitur Arsip Aplikasi.

Dalam unggahan di blog resminya, Google menjelaskan aplikasi apapun yang mendukung fitur tersebut, dapat di-uninstall “sebagian,” dan merampingkan sekitar 60 persen penyimpanan dari aplikasi tanpa menghapus sepenuhnya. Fitur ini mungkin berguna untuk aplikasi Android yang jarang digunakan, tapi pengguna tidak ingin menghapusnya.

Fitur ini akan bekerja dengan membuat jenis APK baru (Android Package) yang disebut APK yang diarsipkan (archived APKs). Sebagaimana disebutkan Google, APK yang diarsipkan jauh lebih kecil dan menyimpan semua data hingga pengguna memulihkannya dan mengembalikan ke ukuran aslinya, dalam hal ini menggunakan aplikasi kembali.

“Setelah diluncurkan, pengarsipan akan memberikan manfaat besar bagi pengguna dan pengembang. Alih-alih mencopot pemasangan aplikasi, pengguna akan dapat (mengarsipkannya) mengosongkan ruang untuk sementara dan dapat mengaktifkan kembali aplikasi dengan cepat dan mudah,” jelas Product Manager Google Lidia Gaymond dan Vicki Amin di blog resminya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan