6 Teknologi yang Patut Dicoba di Daerah Langganan Banjir

  • Bagikan
pekerja memasang dinding penahan banjir di Austria

Bencana banjir telah mengakibatkan kerugian yang sangat parah. Dampak yang ditimbulkan mulai dari paling ringan seperti merendam perabotan hingga menghanyutkan rumah, kendaraan, dan fasilitas lainnya.

Ironisnya, banjir tidak hanya terjadi di kawasan negara berkembang dengan sistem drainase yang buruk. Negara maju sekalipun kerap terkena banjir dan merasakan dampaknya.

Berbagai terobosan dan inovasi pun dilakukan untuk mengendalikan banjir dan mengurangi dampaknya terhadap kehidupan manusia dan lingkungannya. Beberapa inovasi yang cukup berhasil dan dapat menjadi inspirasi penerapannya di lingkungan kita di antaranya:

  1. Terowongan Smart

Negeri jiran, Malaysia telah membuat Terowongan Smart untuk menangani banjir. Smart merupakan akronim dariStormwater Management and Road Tunnel.

Pemerintah Malaysia membuat terowongan ini karena Kualalumpur kerap dilanda banjir akibat hujan deras. Kerugian yang ditimbulkan sangat besar, sehingga pemerintah membuat solusi berupa Smart.

Terowongan Smart yang berada di Ibukota Malaysia, Kualalumpur didesain dengan diameter 12,2 meter. Kompartemen terowongan terdiri dari terowongan by pass sebagai saluran air sepanjang 9,7 kilometer. Terowongan ini berada di saluran paling bawah.

Istimewanya, Terowongan Smart memiliki jalan tol dua deck atau dua tingkat sepanjang 4 km di dalam terowongan air. Air yang dialirkan di saluran paling bawah terowongan bersumber dari Sungai Klang dan Sungai Kerayong.

Pengaliran air terowngan cuma diaktifkan setiap Minggu sekitar pukul 17.45. Hebat ya, karena Terowongan Smart ini mampu mengatasi masalah banjir sekaligus kemacetan.

  • Bagikan