Gus Muhaimin Harap Putin Bisa Hadiri KTT G20, Ini Alasannya

  • Bagikan
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Foto; AFP

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin berharap Presiden Rusia Vladimir Putin tetap bisa menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang sedianya dilaksanakan di Bali.

Hal itu disampaikan Gus Muhaimin saat menerima kunjungan Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/3). "Kami berharap Presiden Putin tetap hadir di G20," kata Gus Muhaimin seusai bertemu Dubes Lyudmila di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Menurut Gus Muhaimin, Presiden Putin sesuai informasi yang disampaikan Dubes Lyudmila sudah menyanggupi akan hadir dalam agenda KTT G20. "Bu Dubes menyatakan bahwa sampai hari ini ada kesiapan dan kesanggupannya (Presiden Putin, red) untuk hadir," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Selain membahas agenda KTT G20, Gus Muhaimin turut berbicara tentang harapan Indonesia terhadap konflik di Ukraina kepada Dubes Lyudmila.

Menurut dia, rakyat Indonesia sebenarnya menginginkan adanya suasana damai di Ukraina karena masyarakat khawatir konflik di negara beribu kota Kiev memicu perang global. "Jadi, supaya tidak jadi pemicu, kita berharap kepada Rusia untuk mempercepat keadaan ini supaya menjadi damai," ujar Gus Muhaimin.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin menyebut urusan kehadiran Rusia dalam KTT G20 yang sedianya dilaksanakan di Bali tidak bisa sekadar atas keputusan sepihak.

"Soal diundang atau tidak diundang itu, kan, kolektif kolegial. Jadi, harus ada diskusi dahulu antaranggota untuk memutuskan Rusia diundang atau tidak," kata legislator Fraksi PDIP itu ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/3).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan