Rocky Gerung Ingin Dirikan Negara Islam, Refly Harun: Harus Kita Hormati, Itu Sebuah Temuan Akademik

  • Bagikan
Pengamat Politik Rocky Gerung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun, merespons viralnya ucapan Rocky Gerung yang menyebut ingin mendirikan negara Islam. Itu disampaikannya melalui kanal YouTube pribadinya dalam video berjudul 'NAH, ROCKY MAU BIKIN NEGARA ISLAM! LEBIH MUDAH CARI KEADILAN!!'

Pada awal videonya Refly mewanti-wanti bahwa pernyataan yang dilontarkan Rocky Gerung adalah perdebatan intelektual. Jadi, katanya, jangan ada yang tersulut emosinya.

Refly pun menjelaskan kalau sebuah nilai atau sistem itu harus dipelajari, caranya dengan melihat filsafatnya. Setelahnya, dimasukan sebuah konsep untuk nantinya dipikirkan kembali dengan mempertimbangkan fisafatnya tersebut.

"Kalau Rocky Gerung melihat bahwa filsat Islam yang dia pelajari justru memberi peluang baik dalam distribusi keadilan, saya kira kita hormati sebagai sebuah corak berpikir. Sebagai temuan akademik oleh Rocky Gerung" ujar Refly Harun, dikutip Wartaekonomi.co.id.

Ia pun menilai apa yang dimaksud Rocky dengan negara Islam adalah nilai-nilainya. Terutama soal konsep penerapan keadilan dalam sebuah negara.

"Yang dimaksud dengan negara Islam itu atau Islamic State adalah nilainya, valuenya, terutama soal bagaimana menyebarkan keadilan," kata Refly menjelaskan.

Refly pun melanjutkan bagaimana Pancasila dirumuskan. Katanya, sebagian besar dari para perumus pancasila berasal dari golongan Islam. Jadinya, ia menilai wajar apa yang dilontarkan oleh Rocky Gerung, karena para pendiri bangsa ini pun memasukan nilai-nilai Islam dalam perumusan Pancasila.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan