Menggemakan Pesantren Go Android di Soppeng

  • Bagikan
Foto: ist

FAJAR.CO.ID, WATANSOPPENG—Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah sebuah keniscayaan. Tak terkecuali di pesantren--pesantren.

Mengikuti perkembangan zaman, pembelajaran di kelas hingga pengelolaan administrasi di pesantren harus berbasis android. Hal inilah yang mendorong Mts. Pondok Pesantren Yasrib Lapajung menggelar Workshop Informasi dan Teknologi (TI).

Mengusung tema “Pesantren Go Android”, kegiatan itu digelar Kompleks Pondok Pesantren Yasrib Lapajung, 25-26 Maret. Kegiatan ini menghadirkan Dr Muhammad Yassir ST, MT sebagai pemateri.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten.Soppeng, Hj.Nurahmi,SE,MM yang membuka acara ini mengatakan, perubahan dunia anak-anak sebagai peserta didik saat ini harus dibarengi dengan kemajuan guru dalam memanfaatkan IT smartphone berbasis android.  

“Sebagai fasilitator pembelajaran dalam dunia pendidikan baik di dalam kelas maupun di luar kelas, guru seharusnya turut serta membantu meminimalisir dampak negatif dari smartphone berbasis Android,” katanya.

Salah satunya menurut Nurahmi adalah dengan menyajikan atau membuat aplikasi smartphone berbasis Android yang bersifat edukatif. Seperti materi pembelajaran, permainan interaktif edukatif, ataupun mesin pencari khusus untuk kalangan pelajar.

“Aplikasi tersebut juga dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di kelas. Pesantren Go Android ini menunjukkan bahwa pesantren sangat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi pembelajaran,” ujar Nurahmi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan