Harga Pertamax Naik Diikuti Kenaikan Gaji Direksi dan Pegawai Pertamina, Ujang Komaruddin: Berkah Buat Mereka, Tapi Penderitaan Buat Rakyat

  • Bagikan
Pengendara saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU Kuningan, Jakarta, Rabu (30/3/2022). PT Pertamina (Persero) dikabarkan akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis bensin dengan nilai oktan (RON) 92 alias Pertamax per Jumat, 1 April 2022 mendatang.MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pada saat harga BBM naik, ternyata diikuti dengan peningkatan gaji direksi dan pegawai PT Pertamina. Kenaikan itu berlaku mulai April 2022. Seperti diketahui, per 1 April ini, harga Pertamax naik menjadi Rp 12.500 per liter.

“Berkah buat mereka, tapi penderitaan buat rakyat,” kata Dosen Ilmu Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin, Sabtu (2/4).

Kebijakan pemerintah menaikan harga BBM di tengah ketidakpastian ekonomi dewasa ini justru menunjukkan bahwa negara Indonesia seperti salah kelola.

“Di saat masyarakat berteriak karena kenaikan harga-harga yang diakibatkan karena naiknya BBM, namun gaji mereka naik,” jelas Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.

Direksi Pertamina akan melakukan penyesuaian gaji yang disepakati kedua pihak dengan tetap memperhatikan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP).

“Penyesuaian gaji 2021 dan 2022 akan diwujudkan, diimplementasikan kepada seluruh pekerja Pertamina tahun depan bulan April,” kata Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggoro Putri dalam keterangannya pada akhir tahun lalu. (pojoksatu/radarbali/jpc)

  • Bagikan