Lebih Dari Pencarian Pahala, Manfaat Berpuasa Bisa Terhubung Dengan Tuhan

  • Bagikan
Ilustrasi Bulan Ramadan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Puasa termasuk salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan setiap muslim, sebagaimana yang tertera dalam sabda Nabi Muhammad SAW.

“Islam itu ditegakkan atas lima perkara, yaitu: Bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah (syahadat), mendirikan salat, menunaikan zakat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa pada Ramadan,” (H.R. Bukhari dan Muslim), dikutip Sabtu, (2/4/2022).

Lebih dari pencarian soal pahala, puasa menjadi kewajiban bagi umat muslim untuk dijalankan agar bisa terhubung dengan tuhan seluruh alam, Allah SWT namanya.

Memasuki bulan Ramadan, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan, bulan puasa merupakan momentum yang sangat tepat untuk melakukan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah serta melakukan introspeksi diri.

"Saat berpuasa adalah waktu tepat bagi kita meningkatkan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah, sekaligus melakukan muhasabah atau introspeksi diri untuk menjernihkan hati dan pikiran," ujar Wapres dalam ucapan menyambut 1 Ramadhan 1443 Hijriah, di Jakarta, Sabtu.

Wapres mengajak umat Islam memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, shalawat, dan sedekah, serta berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya dalam rangka menolak bala, khususnya dari pandemi Covid-19.

Wapres juga mengajak seluruh umat Islam menjadikan Ramadhan sebagai bulan memperbanyak sedekah, termasuk mengeluarkan zakat mal.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan