Tak Pasang Baliho dan Pencitraan, Elektabilitas Prabowo Tetap Tertinggi

  • Bagikan
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Nasional Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di kota Athena, Yunani

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tingkat keterpilihan (elektabilitas) Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2022 tetap paling tinggi berdasarkan hasil jajak pendapat Indikator Politik Indonesia.

Padahal hingga hari ini Prabowo tak pernah pasang baliho maupun pencitraan di media.

“Ini bisa dibaca menggunakan gelas setengah penuh dan gelas setengah kosong. Gelas setengah penuhnya adalah Pak Prabowo tidak pernah pasang baliho, Pak Prabowo tidak pencitraan di televisi tetapi masih dapat 27% dalam simulasi 7 nama,” jelas Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya secara daring, Minggu (3/4/2022).

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia dengan simulasi 33 nama capres, elektabilitas Prabowo tertinggi di angka 21,9%, disusul Ganjar Pranowo sebesar 19,8%, dan Anies Baswedan di posisi ketiga dengan perolehan 16,4%.

Elektabilitas Prabowo juga masih paling tinggi di simulasi 19 nama, 7 nama dan 3 nama. Dalam simulasi 19 nama, Prabowo, Ganjar, dan Anies masih menempati posisi tiga teratas. Prabowo di posisi pertama dengan tingkat elektabilitas 22,4 persen, disusul Ganjar (21,6 persen), dan Anies (17,1 persen).

Sementara dalam simulasi 7 nama tertutup, Prabowo memperolah 27,4 persen, terpaut sedikit dari Ganjar Pranowo. Adapun dalam simulasi 3 nama, Prabowo memperoleh 32,7 persen, Ganjar 30,8 persen dan Anies 24,9 persen.

  • Bagikan