Jokowi Sangat Percaya Dengan Luhut, 14 Jabatan Ini Pernah Diemban Luhut di Era Jokowi

  • Bagikan
Menko Luhut bersama Presiden Jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) seakan-akan sangat percaya dengan Luhut Binsar Pandjaitan. Pria yang kini menjabat Menko Kemaritiman dan Investasi itu selama era Presiden Jokowi sudah mengemban 14 jabatan di pemerintahan. Mulai dari 2014 hingga saat ini.

Jabatan itu baik bersifat defenitif, adhoc, maupun adinterim. Dengan banyaknya jabatan yang dipegang Luhut Binsar Pandjaitan, tidak heran warganet melabeli purnawirawan TNI-AD itu sebagai menteri segala urusan.

Terbaru, Luhut Binsar Pandjaitan diamanahkan jabatan oleh Presiden Jokowi sebagai Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional. Penunjukan tugas itu tertuang dalam Perpres Nomor 53 Tahun 2022 tentang Sumber Daya Air Nasional.

“Ketua Dewan SDA Nasional dijabat oleh menteri yang mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi,” bunyi pasal 7 ayat (1) huruf a Perpres Nomor 53 Tahun 2022.

Dengan jabatan itu, Luhut berwenang menetapkan rencana kerja Dewan SDA Nasional, menetapkan rencana kerja Dewan SDA Nasional, menetapkan tata tertib persidangan dan tata cara pengambilan keputusan Dewan SDA Nasional, serta menetapkan keputusan berdasarkan hasil persidangan Dewan SDA Nasional.

JawaPos.com pun merangkum sederet jabatan yang ditugaskan kepada Luhut Binsar Panjaitan diantaranya:

1. Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan tertuang dalam Perpres Nomor 53 Tahun 2022 tentang Sumber Daya Air Nasional.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan