Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Makassar, Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima

  • Bagikan
Jajanan pasar khas kota Anging Mamiri (ilustrasi)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Makassar, ibukota Sulawesi Selatan atau yang biasa dijuluki Kota Anging Mamiri adalah surganya kuliner.

Selain beragam kudapan lezat kaya rempah dan bumbu khas, Makassar juga punya berbagai macam kue tradisional yang tak kalah lezat dan memikat. Kalau mampir ke Makassar, jangan lupa dicicipi!

Siap-siaplah tergoda dengan kelezatan kue-kue Makassar berikut ini:

Jalangkote

Jalangkote sangat mirip pastel. Isinya berupa wortel dan kentang yang dipotong-potong dadu kecil, tauge, dan suun yang dimasak dengan bumbu. Terkadang isinya ditambahi potongan telur rebus dan daging sapi cincang.

Jalangkote dinikmati bersama saus sambal cuka encer.

Roko-roko Cangkuning

Dalam Bahasa Makassar, roko artinya bungkus, sedangkan roko-roko berarti kue yang dibungkus daun pisang. Roko-roko cangkuning menggunakan adonan tepung beras dan santan yang diberi isi kelapa parut yang dicampur gula merah.

Kue ini biasanya dibungkus bentuk piramida.

Putu Cangkiri

Putu berarti beras ketan, sedangkan cangkiri adalah Bahasa Bugis untuk cangkir.

Putu cangkiri sendiri adalah kue yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur gula merah atau gula pasir dengan isi kelapa muda parut.

Kue ini dicetak di corong (hanya bagian lebarnya) lalu dikukus. Putu cangkiri bisa berwarna cokelat atau putih, tergantung jenis gula yang dipakai.

  • Bagikan