5.626 Personel Gabungan Amankan Aksi Demo 11 April di Jakarta, Ini Titik Fokusnya

  • Bagikan
Polisi bubarkan kerumunan massa yang berunjuk rasa menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja. (Wisnu Adhi/Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Sedikitnya 5.626 personel gabungan diterjunkan Polda Metro Jaya mengamankan aksi Demo 11 April.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan sebanyak 5.626 personel gabungan berasal dari Mabes Polri dan Kodam Jaya.

Para petugas akan menjaga keamanan unjuk rasa mahasiswa di sekitar Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

"Di sini (Patung Kuda) dikerahkan kurang lebih 5.626 personel terdiri dari gabungan Polda Metro Jaya Jaya, Brimob Polri dan Satuan Kodam Jaya," katanya di Monas, Senin, 11 April 2022.

Fadil Imran meminta para personel di lapangan untuk bertindak humanis dan persuasif. Dan juga harus menaati standar operasional dan ketentuan di internal Polri terkait penggunaan kekuatan dalam tugas kepolisian.

Fadil juga meminta personel tidak menggunakan senjata api.

"Yang keempat saya minta seluruh personel membangun perspektif baru untuk membangun prinsip pelayanan terhadap pengunjuk rasa dengan membangun 'respect'," imbuhnya.

Polisi juga akan melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional di DPR RI dan Istana Negara-Monas di Jakarta Pusat.

Untuk itu, Polda Metro Jaya meminta masyarakat untuk mencari jalur alternatif karena sejumlah arus lalu lintas di dua kawasan itu akan ditutup sementara.

Untuk di kawasan Patung Kuda, masyarakat diminta menghindari kawasan Patung Kuda hingga Harmoni, kemudian Jalan Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Utara dan Gambir.

Kemudian untuk kawasan DPR/MPR RI, masyarakat diminta menghindari kawasan Senayan, Gerbang Pemuda, Jalan Asia-Afrika, Slipi, Palmerah dan sekitarnya.(fin/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan