Temui Ketua DPD RI, Panglima TNI: Suara Rakyat Pasti Didengar Pemerintah

  • Bagikan
Panglima TNI Jendral Andika Perkasa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mendukung aksi demonstrasi mahasiswa Senin 11 April 2022 di Gedung DPR RI Jakarta.

Jenderal Andika mengatakan, demontrasi atau unjukrasa merupakan hak politik seluruh warga yang dilindungi oleh konstitusi negara UUD 1945. Akan tetapi Panglima berharap agar tidak anarkis.

“Namun jangan sampai (demonstran) merusak fasilitas umum dan infrastruktur yang ada, karena yang rugi kita semua. Suara rakyat pasti didengar oleh pemerintah,” kata Panglima saat bertemu dengan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di Jakarta, Sabtu 8 April 2022 lalu.

Andika menyebut bahwa para prajuritnya akan menjalankan tugasnya sesuai tugas pokok, fungsi, dan kewenangannya saat membantu polisi. Dia mengatakan, prajuritnya akan bantu Polri mengamankan aksi demontrasi.

“Pasukan kami memang sudah di-BKO (diperbantukan) ke Polda dan Polres untuk antisipasi aksi. Tetapi, kami tegaskan bahwa TNI dan seluruh jajaran tetap disiplin, sesuai tugas pokok, fungsi, dan kewenangannya,” kata Andika.

Sementara itu, LaNyalla mengatakan bahwa, mengemukakan pendapat di muka umum oleg mahasiswa harus dihargai.

Terkait itu, ia juga telah meminta kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar mengingatkan jajarannya yang bertugas agar tidak represif terhadap mahasiswa.

“Saya sudah telepon langsung Kapolri, saya minta agar kepolisian jangan represif terhadap aksi demonstrasi,” kata LaNyalla.

Diketahui, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar unjuk rasa serentak di berbagai kota, utamanya di Jakarta, pada 11 April 2022.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan