Makanan Fermentasi Ternyata Bisa Hilangkan Rasa Kecemasan Sosial, Perhatikan Ini Buat yang Introvert

  • Bagikan
Ilustrasi Makanan Fermentasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kecemasan adalah kekhawatiran dan ketakutan yang intens, berlebihan, dan terus-menerus tentang situasi sehari-hari, dan dapat disebabkan oleh sejumlah faktor.

Ada beberapa jenis kecemasan yang dapat dihadapi seseorang, salah satunya adalah kecemasan sosial. Kecemasan sosial, atau fobia sosial, melibatkan tingkat kecemasan, ketakutan, dan penghindaran situasi sosial yang tinggi.

Untungnya, ada metode untuk membantu menaklukkan rasa takut itu. Salah satunya adalah dengan makanan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Psychiatric Research Journal, dikutip, Sabtu (16/4/2022) jenis makanan terbaik untuk membantu kecemasan sosial adalah makanan fermentasi.

"Makanan fermentasi adalah makanan yang diproduksi melalui pertumbuhan mikroba terkontrol. Makanan fermentasi memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk menjaga kadar gula darah yang seimbang, kulit yang sehat, dan peningkatan suasana hati (mood)." tulis keteranganya.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa, makanan fermentasi yang mengandung probiotik mungkin memiliki efek perlindungan terhadap gejala kecemasan sosial bagi mereka yang memiliki risiko genetik lebih tinggi.

Meskipun masih diperlukan penelitian tambahan, hasil ini mengusulkan bahwa mengonsumsi makanan fermentasi yang mengandung probiotik dapat berfungsi sebagai intervensi berisiko rendah untuk mengurangi kecemasan sosial.

Kemudian dilansir dari The Nutrients Journal, Sabtu (16/4/2022) menyebutkan bahwa makanan dan minuman fermentasi tinggi yang mengandung probiotik alami atau aditif yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah yogurt, kefir, acar, sauerkraut, kombucha, tempe, miso, kimchi, dan sourdough bread.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan