Indonesia-Spanyol Saling Dukung Kedaulatan Kedua Negara

  • Bagikan
Wapres Ma'ruf Amin Bersama Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco Aguilera Aranda

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Dukungan negara-negara sahabat atas kedaulatan Indonesia sangat penting guna untuk menguatkan integritas teritorialnya.

Pasalnya Indonesia Sebagai negara kepulauan dengan berbagai keberagaman suku, agama, dan budaya yang dimiliki, menyebabkan Indonesia bisa rentan dengan ancaman konflik dan separatisme.

Atas kekhawatiran itu, Spanyol bersama Indonesia tegaskan untuk komitmen bersama dalam menegakkan integritas teritorial setiap negara.

"Upaya-upaya separatisme merupakan ancaman terhadap keamanan sehingga perlu diwaspadai. Pendidikan generasi muda menjadi prioritas dan saya harapkan kerja sama dapat ditingkatkan. Saya apresiasi kerjasama kedua negara untuk memperkuat kedaulatan dan integritas wilayah negara masing-masing," pungkas Wapres Ma'ruf Amin, Senin (18/4/2022).

Wapres juga memastikan bahwa Spanyol sangat mendukung kedaulatan Indonesia sebagaimana Indonesia juga telah mendukung kedaulatan Spanyol.

"Kita juga perlu bekerjasama untuk memperkuat saling pengertian antar negara dan masyarakat, termasuk perkuat dialog antaragama, antarbudaya dan kerjasama pendidikan," sambung Wapres.

"(Dalam G20) Indonesia terus mendorong terciptanya perdamaian dan memahami pentingnya untuk menghentikan peperangan di Ukraina. Indonesia juga tidak akan menyia-nyiakan harapan masyarakat di negara berkembang terhadap upaya konkrit G20 untuk mengatasi dampak ekonomi paska pandemi," tegas Wapres. (riki/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan