Peneliti Asal Amerika Serikat Sebut Virus Covid-19 Akan Semakin Kuat Tiap Beberapa Bulan

  • Bagikan
Ahli penyakit menular AS dr. Anthony Fauci meyakini bahwa varian baru bakal segera muncul. (AP)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 belum selesai. Terlebih ditemukannya beberapa varian baru dari Omicron yakni BA.4 dan BA.5, setelah BA.1 dan BA.2. Temuan varian itu menjadi pertanda bahwa varian baru masih akan terus bermunculan.

“Masa depan pandemi Covid-19 masih belum jelas, tetapi Anda harus bersiap akan ada lebih banyak varian Covid-19,” sebut ahli penyakit menular AS dr. Anthony Fauci.

Kepala ilmuwan untuk Gedung Putih itu meyakini bahwa varian baru bakal segera muncul. Fauci menjelaskan bahwa lebih banyak varian Covid-19 akan menyebabkan peningkatan kasus dan dapat terjadi sepanjang tahun kapan saja.

Faktanya, peningkatan varian Covid-19 dapat menyebabkan Covid musiman. Artinya virus bertambah kuat setiap beberapa bulan. “Sangat sulit untuk mengatakan apa yang akan terjadi. Tapi, akan ada varian baru,” ungkap Fauci kepada BuzzFeed News.

“Saya pikir kita akan melihat lebih banyak kasus ke depan ketika varian baru muncul,” kata Fauci.

Fauci mengatakan bahwa varian akan muncul di tempat-tempat rentan dimana masih banyak orang yang tidak divaksinasi. Sehingga akan memberi ruang bagi virus untuk berkembang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa mereka memantau dua subvarian Omicron baru yakni BA.4 dan BA.5. Pada saat yang sama, varian BA.2.12 dan BA.2.12.1 — yang merupakan subvarian dari subvarian pertama omicron, BA.2 — menciptakan lonjakan baru-baru ini dalam kasus Covid-19 di New York.

Kemudian ada varian Omicron XE, yang merupakan gabungan varian BA.2 dan varian orisinal omicron. Oleh karena itu, masyarakat diminta tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan. (jawapos/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan