Beber Kejanggalan di Balik Pembunuhan Najamuddin Sewang, Kriminolog: Apa Betul Pelaku Tidak Mengenal Penjual Senjata?

  • Bagikan
Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budi Haryanto mengungkapkan fakta terbaru terkait penembakan Petugas Dishub Makassar Najamuddin Sewang (NS).

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kriminolog Prof Heri Tahir mengaku tak kaget saat mengetahui pelaku penembakan pegawai Dinas Perhubungan Kota Makassar adalah seorang oknum polisi. Dari video CCTV yang beredar, kata Heri sangat jelas pelakunya seorang profesional.

Ia menjelaskan eksekutor tahu betul melumpuhkan korban. Padahal objek sasarannya bergerak.

Artinya, kata Heri, untuk menembak objek yang bergerak tidak bisa dilakukan oleh orang biasa. Hanya mereka yang terlatih saja seperti militer dan polisi.

Guru Besar Universitas Negeri Makassar ini membeberkan jika penembakan dilakukan oleh warga sipil maka proyektil tidak akan tepat sasaran. Atau bahkan tembus hingga ke dada depan.

Namun, ini tidak. Proyektil tinggal di tubuh dan hanya mengeluarkan sedikit darah.

"Dari awal kita sudah bisa lihat ini eksekutornya sangat terlatih. Itu hanya bisa dilakukan oleh militer atau pasukan inti dari kepolisian. Itu mereka sudah berlatih, bagaimana melumpuhkan musuh dari sasaran tembak yang bergerak," ujar Heri saat dikonfirmasi, Selasa, 19 April 2022.

Dari rekaman CCTV itu juga terlihat lokasi eksekusi yang cukup strategis karena terhalang pohon. Menurutnya, para pelaku sudah melakukan survei lokasi dan memantau aktivitas korban dari jauh hari.

Para pelaku ini cukup lihai. Mereka tahu bagaimana mengeksekusi korban dan menghilangkan jejaknya.

"Namanya terencana. Eksekutornya sudah mengikuti pergerakan korban. Jadi dia tahu dimana lokasi dia bisa eksekusi, ada terhalang pohon. Itu strateginya," ungkapnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan