Mimpi China Punya Pangkalan Dekat Papua Segera Terwujud?

  • Bagikan
Peta Kawasan Oceania. Terlihat Kepulauan Solomon terletak tak jauh dari Pulau Papua. Konon, China berencana membangun pangkalan angkatan laut di sana Peta: Wikipedia

FAJAR.CO.ID, BEIJING - Kerja sama dengan Kepulauan Solomon sejak lama dikhawatirkan bakal membuka pintu bagi militer China untuk masuk ke kawasan Indo-Pasifik.

Beijing disebut-sebut berencana membangun pangkalan militer di negara kepulauan yang terletak sekitar seribu kilometer sebelah timur Provinsi Papua.

Pasalnya, Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri Kepulauan Solomon Jeremiah Manele secara resmi telah menandatangani kerangka kerja sama keamanan antarkedua negara.

"Setelah disetujui oleh pemerintah China dan pemerintah Kepulauan Solomon, kedua menlu atas nama negaranya masing-masing secara resmi menandatangani kesepakatan kerja sama keamanan pada tempo hari," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin di Beijing, Selasa.

Menurut dia, China telah membagikan informasi kerja sama keamanan pada Kepulauan Solomon tanpa menyebutkan waktu penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan.

"Dalam kesempatan ini perlu saya sampaikan beberapa poin kerja sama," katanya dalam pengarahan pers rutin itu.

Pertama, Wang menyampaikan bahwa kerja sama keamanan tersebut pada dasarnya merupakan pertukaran normal antarkedua negara berdaulat dan merdeka yang menjadi bagian penting dalam kerja sama komprehensif China-Kepulauan Solomon.

Kedua, kerja sama tersebut berdasarkan kesetaraan dan saling menguntungkan serta saling menghormati.

"Kedua negara akan bekerja sama memelihara ketertiban sosial, melindungi keselamatan jiwa dan harta benda warga, memberikan bantuan kemanusiaan, dan tanggap darurat bencana," jelas Wang.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan