Salurkan Bansos di Jawa Timur, Dialog Presiden Jokowi Dengan Warga: ‘Bantuannya Kurang Pak’

  • Bagikan
Penyaluran Bansos, Presiden Bersama Mensos dan Menhan. / Foto : Kemensos

FAJAR.CO.ID, SURABAYA -— Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke tiga daerah di Provinsi Jawa Timur yakni Sumenep, Surabaya, dan Gresik. Didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Presiden menyerahkan secara simbolis bantuan sosial kepada penerima manfaat.

Titik kunjungan pertama Presiden adalah di Pasar Anom dan Pasar Bangkal. Kedua di Kabupaten Sumenep. Pada siang hari, kegiatan Presiden bergeser ke Pasar Tambak Rejo di Kota Surabaya, sebelum akhirnya ditutup di Pasar Baru, Kabupaten Gresik.

Di ketiga daerah tersebut, Presiden didampingi Mensos dan Menhan menyerahkan bansos Program Keluarga Harapan (PKH), BLT Minyak Goreng untuk PKL, dan Bantuan Modal Kerja. Di setiap lokasi, hadir masing-masing 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Di setiap kunjungan, Presiden menyerahkan langsung BLT Minyak Goreng senilai Rp300 ribu kepada perwakilan KPM. Di Pasar Bangkal, kedatangan Presiden disambut riuh ibu-ibu penerima manfaat.

Tak lupa Kepala Negara berdialog singkat dengan KPM menanyakan kabar dan memastikan bantuan digunakan untuk keperluan yang mendesak.

"Mau untuk apa bantuannya?" Presiden bertanya kepada ibu-ibu yang hadir. Serempak mereka menyatakan "untuk tambah modal usaha". Sebagian mengatakan untuk membeli kebutuhan pokok.

Presiden kemudian menyinggung juga BMK. "Sudah dapat bantuan modal kerja kan?"

"Sudah ……" ibu-ibu serentak menyahut. Sesuai namanya BMK merupakan bantuan untuk menambah atau memperkuat usaha masyarakat kurang mampu yang memiliki usaha.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan