Hati-hati! Modus Baru ‘Sobis’, Gunakan KTP Orang Lain untuk Menipu

  • Bagikan
ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kasus penipuan "Sobis" masih saja terjadi. Modus terbaru dengan menggunakan identitas orang lain. Hanya dengan bermodal KTP milik orang lain, para pelaku bisa dengan mudah melancarkan aksi.

Sasaran target para pelaku adalah jual beli online. Mereka memanfaatkan situs ini untuk mengumpulkan data calon korban.

Modus inipun sudah terkonfirmasi oleh kepolisian. Polda Sulsel juga telah menerima banyak laporan perihal modus tersebut.

Diketahui, modus ini mulai berkembang sejak dua tahun terakhir. Modus ini juga telah memakan banyak korban.

Salah satunya adalah Adi Surya, seorang wiraswasta di Makassar. KTP dan identitas pribadinya, menjadi konsumsi empuk oleh para pelaku. Celakanya, korban kini justru menjadi terlapor atas tiga laporan penipuan.

"Ini semua dimulai saat saya iklankan mobil saya di situs jual beli online pak. Tepatnya 2020 lalu. Terus, ada orang yang entah hanya pura-pura jadi pembeli atau serius," tutur Adi, Kamis 21 April 2022.

Pada saat itu, kata dia, sempat terjadi negosiasi antara korban dan calon pembeli. Keduanya juga sudah sempat deal harga untuk unit kendaraan yang hendak dijual.

"Negosiasinya lewat telfon dan chat WA. Dan setelah kami deal harga, calon pembeli itu minta foto kelengkapan surat kendaraan. Bukan cuma itu pak, dia juga minta foto KTP saya. Karena merasa pembeli ini serius, makanya saya fotokan juga," jelas Adi.

Bahkan, kata dia, pria itu meminta agar lebih dulu dibuatkan kuitansi. Padahal, belum ada transaksi, baik via transfer maupun bayar secara langsung

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan