Mudik Menggunakan Sepeda dari Marauke, Ciwang Warga Palopo Habiskan Waktu Setengah Tahun

  • Bagikan
Ciwang Warga Palopo Mudik dari Marauke, Habiskan Waktu Perjalanan 6 Bulan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Biasanya mudik lebaran itu orang-orang menggunakan kendaraan mobil atau motor, dan juga transportasi umum. Tapi beda dengan Andi Riswan Mattoreang (39), dia lebih memilih menggunakan sepeda untuk pergi kekampung halamanya.

Pria yang akrab disapa Ciwang ini nekat bersepeda dari Kota Merauke, Papua untuk pulang ke kampung halamannya di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Jarak tempuh perjalanan dari Merauke ke Palopo sejauh 2.279 kilometer jika menggunakan pesawat, dengan kecepatan penerbangan 900 km/jam atau sekitar 2 jam 31 menit.

Berapa lama dia harus bersepeda dari tempat tinggalnya di Marauke menuju Palopo, tentu bukan waktu yang sebentar. Perjalanan panjang yang penuh keberanian, akan jadi cerita hidup Ciwang anak Palopo.

Dilihat dari tayangan youtube video Indozone, Ciwang mengaku mulai bersepeda sejak November 2021, lalu. Artinya sudah enam bulan dirinya menempuh perjalanan dari Merauke dan sampai saat ini ia sudah tiba di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

“Ini touring pulang kampung sebenarnya ke Palopo,” kata Ciwang di Kota Parepare, dikutip Minggu (24/4/2022).

Banyak provinsi yang dilewati Ciwang. Mulai dari Papua, Maluku, NTT, NTB, Bali, Jawa hingga menyeberang ke Sulawesi Selatan.

Berikut beberapa kutipan video Ciwang saat diwawancara, dimana Ciwang mengaku telah mengeluarkan uang yang enggak sedikit untuk membiayai kebutuhannya selama di jalan. Ia menggunakan uang tabungannya saat kerja di pabrik kelapa sawit di Papua.

  • Bagikan