Ambisi Musnahkan Musuh, Kim Jong Un Tuntut Militer Tingkatkan Kekuatan dengan Segala Cara

  • Bagikan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama dua ajudannya dalam video peluncuran rudal terbaru Korut, Kamis (24/3). Foto: KCNA via Reuters

FAJAR.CO.ID, PYONGYANG -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un meminta militer negaranya agar meningkatkan kekuatan dengan segala cara untuk memusnahkan musuh. Hal itu seperti dikatakan pemerintah Korut pada Jumat (29/4), ketika citra satelit baru memperlihatkan peningkatan persiapan untuk kemungkinan uji coba nuklir.

Kim membuat pernyataan tersebut selama sesi foto dengan pasukan, penyiar media pemerintah, serta berbagai pihak yang terlibat dalam parade militer besar-besaran yang diadakan pada Senin (25/4) lalu. Parade itu menandai peringatan ke-90 pendirian angkatan bersenjata.

Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah memperlihatkan Kim sedang menunggang kuda putih dan mengenakan tunik putih bergaya militer dengan hiasan emas saat dia meninjau pasukan.

Parade pada Senin (25/4) itu menampilkan beberapa rudal terbaru Korea Utara. Termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesarnya, Hwasong-17, dan rudal hipersonik yang baru-baru ini diuji.

Parade menunjukkan modernitas, kepahlawanan, dan perkembangan pesat angkatan bersenjata Korea Utara serta keunggulan militer dan teknologi mereka yang tiada tara. Hal ini seperti dikatakan Kim kepada pasukan di sesi foto dikutip kantor berita negara KCNA.

Korea Utara menyatakan mereka menentang perang dan bahwa senjatanya adalah untuk membela diri. Namun, Kim sebaliknya mengatakan misi kekuatan nuklirnya lebih dari sekadar mencegah perang, melainkan termasuk membela kepentingan mendasar negara.

Pada Maret, Korea Utara kembali menguji ICBM terbesarnya, dan ada tanda-tanda akan segera menguji senjata nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017. “Citra satelit saat ini menunjukkan bahwa persiapan sedang berlangsung dan tidak boleh diabaikan sebagai kegiatan yang tidak signifikan,” kata Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) yang berbasis di AS dalam sebuah laporan pada Kamis (28/4).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan